Sabtu, 05 Maret 2016

10K LINE OF CODE PHP & HTML



1.1 Pengenalan PHP 
PHP (Hypertext Preprocessor) merupakan Bahasa skrip yang biasanya digunakan untuk membangun sebuah website dinamis dan juga untuk membangun sebuah CMS (Content Management System). Mempelajari skrip Bahasa php tidaklah susah jika anda serius dalam mempelajarinya dan berlatih ngoding skrip php secara konsisten. Banyak sekali situs yang membahas dan memberikan tutorial bagaimana mempelajaru skrip php dari dasar, salahsatu website yang terkenal untuk mempelajari skrip PHP yaitu w3schools.com. Skrip bahasa PHP diawali dengan <?php dan diakhiri dengan tanda ?>

Pada tutorial kali ini kita akan mempelajari konsep variable di PHP, variable di php diawali dengan tanda $, contoh variable :
$lebar = variable dengan nama lebar.
$panjang = variable dengan nama panjang.
$jumlah =  variable dengan nama jumlah.

Adapun aturan untuk menuliskan variable di PHP diantaranya :
11. Pengenalan variable diawali dengan $ dan  penulisan nama karakter diawali dengan huruf (a-z atau A-Z)
     
22. Penulisan huruf besar-kecil sangat berpengaruh (case sensitif), $jumlah dengan $JUMLAH berarti 2 variable yang berbeda meskipun bernama sama .
3     
    3. Nama variable tidak boleh ada spasi, jika ingin memisah gunakanlah underscores ( _ ).
                

Berbeda dengan Bahasa pemrograman lainnya yang mendeklarasikan variablenya menggunakan tipe data sedangkan di PHP tidak perlu deklarasi tipe datanya karena sudah otomatis dideteksi, contoh Bahasa pemrograman yang harus mendeklarasikan tipe data seperti Bahasa pemrograman C, contoh :

Int lebar = variable dengan nama lebar dan bertipe integer (artinya variable tersebut menampung suatu bilangan berupa angka real)

char nama[10] = variable dengan nama “nama” dan bertipe char (artinya variable tersebut menampung suatu karakter dengan jumlah 10 karakter).

Berikut merupakan tutorial contoh skrip PHP fokus pada pemabahasan variable,

1.2 Variabel pada PHP

Gambar 1 Skrip1.php
Penjelasan baris per baris skrip kode diatas :
       












  1.  (baris 1) Merupakan pembukaan skrip    html, dimana skrip php tersebut akan dibungkus kedalam HTML agar bisa ditampilkan di browser.

  2. (baris 2) Merupakan  title yang akan muncul di tab browser  
  3. (baris 5) Merupakan tag body dari HTML yaitu bagian isi dari w

   4. (baris 6) Merupakan tag pembuka php dan (baris 21) merupakan tag penutup dari php.

(5. (baris 7,8 ) Merupakan deklarasi variable dimana variable $nilai_1 memiliki nilai 10 dan     variable $nilai_2 memiliki nilai 3. 

  6. (baris 9) Merupakan deklarasi variable $nilai_3 dimana memiliki nilai yang diperoleh dari  rumus 2* $nilai_1 + 8 *$nilai_2
 
   7. (baris 15) echo Merupakan fungsi untuk menampilkan. 

berikut skrip program skrip1.php :
<html>
<head>
<title> VARIABEL </title>
</head>
<body>
<?php
$nilai_1 = 10;
$nilai_2 = 3;
$nilai_3 = 2 * $nilai_1 + 8 * $nilai_2;

echo "nilai =  " ,$nilai_3;

echo "<br>";
$jumlah = $nilai_1 + $nilai_2;
echo "hasil dari $nilai_1 tambah $nilai_2 adalah : $jumlah ";

echo"<br><br>";
echo "\" nama : farhan\" <br> ";
echo "no.mhs 082272237535"

?>
</body>
</html>


2. Pengenalan XAMPP




           XAMPP merupakan software yang berfungsi sebagai server (localhost) yang terdiri atas Apache HTTP server, MySQL database, dan penerjamah bahasa PHP dan Perl. Software ini merupakan GNU (General Public License) artinya dapat digunakan oleh siapa saja secara gratis, untuk dapat menggunakannya diharuskan download xampp dari website resminya. Apa itu Apache ? dana apa itu MySQl database ?
Apache merupakan aplikasi web server yang berfungsi untuk  memfungsikan situs web.
MySQL merupakan database management system (DBMS) yang familiar digunakan untuk membuat suatu database.
Agar skrip1.php dapat ditampilkan ke browser maka Apache pada XAMPP harus diaktifkan terlebih dahulu, dan file skrip1.php tersebut harus diletakkan didalam folder htdocs dikarenakan ketika kita mengakses localhost di browser, itu sama saja seperti mengakses folder htdocs tersebut. 





Pada gambar diatas skrip1.php diletakkan didalam folder peweb dimana folder peweb tersebut diletakkan didalam folder htdocs, dan untuk menjalankan menjalankan dengan cara seperti berikut :

           1. Apache pada XAMPP control panel harus diaktifkan dengan menekan tombol START.












2.Buka brower dan masukkan alamat : localhost/peweb/skrip1.php , alamat tersebut harus sesuai dengan lokasi dimana anda menyimpan file tersebut.





 








Note : jika file tersebut diletakkan didalam folder htdocs maka alamatnya : localhost/nama_File.php , jika file tersebut diletakkan didalam suatu folder dimana folder tersebut terdapat didalam htdocs contoh seperti folder peweb, maka alamatnya : localhost/peweb/skrip1.php
Selamat, Anda sudah berhasil mempelajari skrip Bahasa PHP mengenai variable dan cara membukanya melalui browser dengan menggunakan server APACHE pada XAMPP melalui localhost.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Farhanramadhana.blogspot.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Daftar Blog Saya